Jasa Tes Psikologi Online Karyawan
Jasa Psikotes Guru Jakarta
9 Oktober 2022
jasa assessment karyawan online
Jasa Assessment Karyawan Online
10 Oktober 2022

Tes Assessment Online

tes assessment online

Tes assessment online. Pengelolaan sumber daya manusia pada sebuah perusahaan bukanlah hal yang mudah. Perusahaan dapat mencapai visi dan misinya serta mempertahankan budaya kerja yang baik tidak lepas dari bagaimana mengelola pekerja dari level staff sampai dengan manajemen. Dengan adanya kesamaan visi serta etos kerja dengan semangat yang sama besar. Tujuan perusahaan serta target-target operasional dapat tercapai dengan minim konflik.

Selain mengurangi konflik pada kerjasama tim. Pengelolaan sumber daya manusia dalam perusahaan juga dapat mengurangi ketimpangan beban kerja pada karyawan. Hal ini bisa berimbas pada stres pekerja yang bisa menurunkan kinerja dan penurunan akselerasi pekerjaan. Semua ini bisa dihindari atau diminimalisir dengan melakukan tes assessment online. Mulai dari tahap rekrutmen, positioning pegawai sampai dengan tahap promosi level manajemen.

 

Tes Assessment Online Talenta

Tahap-tahap tes assessment online untuk karyawan adalah sebagai berikut:

Pada saat proses rekrutmen 

Fungsi dari melakukan assessment pada tahap ini adalah untuk menyaring sekian banyaknya pendaftar yang memasukkan aplikasi lamaran. Dengan bantuan tenaga profesional, perusahaan dapat melacak calon pekerja yang paling sesuai dengan kultur perusahaan. Baik itu dari skill atau keterampilan kerja dan pemahaman tentang proses kerja pada perusahaan. Tapi juga memiliki kemampuan untuk adaptif bekerja sama dalam tim sehingga tidak menghambat target produksi yang telah disetting sebelumnya. Tes assessment online pada tahap ini juga mencakup tes kepribadian calon karyawan serta bagaiman integritas dan kecerdasan emosionalnya. Jadi tidak saja hanya kecerdasan intelektual dan skill saja yang akan dinilai. Karena keterampilan yang tinggi jika tidak didukung dengan kecakapan non teknis. Seringkali pekerja yang seperti itu yang akan menghambat sistem kerja bersama.

tes assessment online

Pada saat proses positioning & promosi karyawan

Jangan dikira jika pekerja telah melewati tahap rekrutmen maka tidak dibutuhkan assessment lagi untuk pekerja. Saat menentukan positioning dan promosi karyawan sampai dengan level manajemen. Perusahaan masih membutuhkan jasa profesional untuk melakukan assessment sehingga didapatkan pekerja yang cocok untuk definisi kerja pada posisi tertentu. Apalagi pada level manajemen. Pekerja harus memiliki sifat kepemimpinan, kemandirian serta mempunyai inisiatif untuk mengarahkan timnya dalam menghadapi permasalahan. Serta menyelesaikan target-target operasional yang telah dirancang perusahaan. 

Tes Assessment Online

Pada tahapan tes assessment online ini, pekerja yang akan mendapatkan promosi tentu berbeda dengan assessment pada tahap rekrutment. Pada tahapan positioning dan promosi, assesment yang dilakukan selain tes kemampuan kognitif dan psikometri. Pekerja juga akan melalui tes analisa dan contoh kasus untuk melihat bagaimana pekerja menyelesaiakan suatu masalah. Jika terjadi di kemudian hari dalam kepemimpinan di posisi yang akan ditempatinya. Selain itu pekerja akan melalui tahap presentasi serta wawancara oleh level manajemen atas yang biasanya disebut fit and proper test. Sehingga para pengambil keputusan dapat memilih individu-individu calon penerima promosi sesuai dengan kapasitasnya masing-masing. Secara adil karena melalui penilaian yang adil secara kualitatif dan objektif.

Anda yang berada pada posisi pencari kerja dan karyawan yang akan melalui tes promosi jabatan. Saat akan melalui tes assessment online jangan sekali-kali anda menganggap remeh tes tersebut. Karena bedanya dengan tes psikologi biasa, assessment diukur dari berbagai aspek. Jadi anda tidak akan mudah memanipulasi hasilnya seperti saat anda melakukan tes kemampuan kognitif saja. Karena pintar secara skill saja namun lemah dalam attitude dan kecerdasan emosi bisa membuat anda menjadi individu yang tidak diinginkan oleh manajemen perusahaan. Tetaplah menjadi diri anda namun jangan lupa untuk mencari tahu tentang kultur serta budaya kerja yang diinginkan dari perusahaan tempat anda bekerja.