Lembaga Pelatihan SDM Untuk Perusahaan
Lembaga Pelatihan SDM Untuk Perusahaan
3 Juni 2022
jasa rekrutmen karyawan jakarta
Jasa Rekrutmen Karyawan Jakarta Percayakan Pada Kami
8 Juni 2022

Kriteria Gaji Karyawan di Sebuah Perusahaan

Kriteria Gaji Karyawan

Kriteria gaji karyawan menjadi hal penting, agar perusahaan bisa terus beroperasi. Orang yang ditunjuk perusahaan dalam masalah ini harus kompeten atau HRD. Sebab pekerjaan yang profesional oleh HRD, akan menunjukkan sebagai seberapa bonafit sebuah perusahaan hingga memiliki integritas yang tinggi.

Seperti sebuah peraturan yang memang tidak tertulis adalah kesepakatan untuk menaikkan gaji karyawan secara berkala. Hal ini karena kebutuhan hidup yang kian menaik dan harga-harga bahan pokok yang tentu saja semakin mahal. Perusahaan harus taat peraturan  tentang aturan gaji bagi para pekerjanya.

Faktor Gaji

Untuk gaji karyawan, maka hal ini ditilik dari beberapa faktor. Kenaikan gaji yang bisa menjadi bahan pertimbangan oleh perusahaan, untuk menaikkan gaji karyawannya tersebut. Oleh karena itu pihak HRD harus selektif dan benar-benar mendiskusikan hal ini dengan pimpinan terkait. Terlebih jika dia bekerja di perusahaan swasta, yang memang tidak memiliki badan hukum tertulis untuk mengatur gaji karyawan.

Berikut adalah faktor naik gaji yang umum atau bisa diterima oleh sebagian banyak pihak:

  1. Naik jabatan di perusahaan. Saat karyawan naik posisi di perusahaan, maka dia dinilai pantas untuk menerima naik gaji dari perusahaan. Maka HRD harus mempersiapkan kenaikan gaji bagi karyawan tersebut.
  2. Target kinerja perusahaan yang meningkat. Jika perusahaan mengalami produktivitas tinggi bahkan mencapai atau melebihi target, maka perusahaan dengan bijaksana adalah memberikan apresiasi kepada karyawannya berupa kenaikan gaji. Hal ini sudah menjadi kesepakatan antara perusahaan dan pegawainya.
  3. Karyawan memiliki dedikasi dan disiplin tinggi
  4. Adanya karyawan yang bekerja efektif serta efisien
  5. Karyawan berkreativitas tinggi
  6. Seorang karyawan Loyal kepada perusahaan dan berdedikasi tinggi

Gaji Karyawan Swasta

Untuk besaran gaji karyawan swasta dan kenaikannya, dipengaruhi oleh beberapa hal antara lain:

  1. Upah minimum atau UMK
  2. Kemampuan perusahaan
  3. Kinerja karyawan
  4. Prestasi perusahaan
  5. Dilihat dari prestasi pekerja
  6. Tugas pekerja yang bertambah
  7. Jabatan pekerja

Tujuan Gaji Karyawan

Di antara tujuan diadakannya kenaikan gaji bagi karyawan adalah untuk mengurangi kesenjangan sosial. Di mana karyawan memang membutuhkan biaya hidup untuk keluarga maupun dirinya sendiri. Sehingga perusahaan sebagai tempat bekerja, harus memberikan kesejahteraan dan memakmurkan karyawannya. Selagi dia dapat menggaji mereka.

Naik gaji berfungsi untuk mempertahankan karyawan. Perusahaan juga harus memandang pekerja yang memiliki kompetensi saat berada pada jabatan atau posisinya.

Kenaikan Gaji Berkala Perusahaan

Untuk kenaikan gaji berkala perusahaan telah diatur dalam undang-undang di Indonesia. Di mana gaji memang adalah harus diberikan kepada karyawan yang telah mengeluarkan keringatnya demi perusahaan, yang terus bisa beroperasi. Karena sejatinya karyawan merupakan salah satu aset penting bagi perusahaan, maka kenaikan gaji berkala perusahaan wajib dilakukan. Terlebih jika perusahaan merupakan salah satu instansi pemerintah.

Dalam hal pakem kenaikan gaji berkala adalah sebagai berikut:

  1. Kenaikan berkala harus disesuaikan pada UMP serta UMK
  2. Dalam hal kenaikan berkala harus disesuaikan pada kesepakatan kerja antara perusahaan dan karyawan terkait.
  3. Kenaikan berkala harus disesuaikan pada kesepakatan, bahwa adanya aturan upah karyawan yang tidak boleh turun.

Maka demikian ulasan mengenai gaji karyawan dan kenaikan yang wajib dilakukan oleh perusahaan, untuk mensejahterakan karyawannya dengan mempertimbangkan berbagai aspek demi mempertahankan karyawan, yang merupakan aset bagi perusahaan. Agar HRD menjadi mengetahui berbagai kesepakatan yang dilakukan oleh perusahaan dan pekerjanya. Jika perusahaan anda membutuhkan pelatihan manajemen SDM maka langsung saja hubungi kami di PT. Talenta Indonesia. Kami akan bantu anda semaksimal mungkin.