Perbedaan Tes Intelegensi dan Tes Minat Bakat
Perbedaan Tes Intelegensi dan Tes Minat Bakat
22 Juli 2022
Tata Cara Psikotes Kerja
Tata Cara Psikotes Kerja
26 Juli 2022

Pentingnya Konseling Bagi Karyawan Yang Bermasalah

Pentingnya Konseling Bagi Karyawan

Pentingnya Konseling Bagi Karyawan. Tujuan konsultasi tentu saja untuk mengatasi masalah orang yang berkonsultasi. Konseling adalah proses pemberian dukungan dari seorang profesional kepada seseorang yang memiliki masalah.

Tentu saja, ini membantu memecahkan masalah yang dihadapi orang. Penyuluhan dapat dilakukan dalam berbagai bidang kehidupan antara lain masyarakat, industri, menolong korban bencana alam, dan lingkungan pendidikan.

Khusus dalam dunia pendidikan sarjana dan pascasarjana di Indonesia, layanan ini terutama disebut bimbingan dan konseling  dan dilaksanakan oleh guru pembimbing. Tujuan konseling di dalam kelas adalah agar peserta didik dapat mencapai tugas perkembangan yang optimal sebagai makhluk Tuhan, sosial dan pribadi.

Mengenal Tentang Konseling

Manfaat Konseling bagi karyawan adalah pertemuan antara konselor dan kliennya yang memfasilitasi dialog daripada memberikan pengobatan atau pengobatan. Konseling juga memfasilitasi pemecahan masalah oleh  klien sendiri.

Perlu adanya pemahaman yang sama bahwa tidak semua orang yang datang ke konselor yakin bahwa dirinya memiliki masalah kesehatan mental. Orang yang hidupnya memuaskan dan sejahtera mungkin suatu saat akan mengalami gangguan emosional pada waktu-waktu tertentu dan membutuhkan pertolongan.

Kebanyakan orang dihadapkan pada masalah krisis fisik, keuangan, atau emosional dan membutuhkan bantuan konseling pada saat itu.

Tujuan Konseling

Konseling adalah ketika seorang konselor mendukung seseorang (klien) yang mencari nasihat sehingga dia dapat memperdalam pemahamannya tentang kemampuannya untuk memecahkan berbagai masalah.

Sebagai aturan umum, konsultasi ini berbentuk diskusi pribadi. Tujuan dari konsultasi ini dapat dibagi menjadi dua. Artinya, untuk keperluan konsultasi umum dan khusus. Berikut penjelasan maksud dari nasehat yang dikutip Liputan6.com dari LPHunpar.

Tujuan umum konsultasi

Tujuan dari konsultasi adalah untuk memecahkan masalah  klien. Upaya ini dapat dilakukan dengan mengurangi intensitas hambatan dan/atau kerugian yang ditimbulkan oleh masalah serta menghilangkan masalah yang bersangkutan.

Dengan tawaran konseling ini, klien perlu merasa nyaman dan mengembangkan potensi mereka.

Tujuan khusus konsultasi

Secara spesifik, tujuan konseling adalah untuk memperoleh pemahaman yang positif, dinamis, mendalam dan utuh tentang kompleksitas masalah yang dialami klien. Pemahaman masalah ditujukan untuk mengembangkan kesadaran dan sikap, serta kegiatan untuk memecahkan masalah yang dialami klien.

Oleh karena itu, tujuan konseling jangka panjang adalah untuk menemukan cara unik bagi klien untuk lebih  mengandalkan diri mereka sendiri untuk secara konstruktif menghadapi kondisi kehidupan yang berkelanjutan di masa depan, tanpa selalu bergantung pada bantuan dari luar.

  • Memahami konseling ketenagakerjaan

Sebelum kita melanjutkan, pertama-tama kita perlu memahami  apa itu manfaat konseling bagi karyawan. Konseling merupakan bentuk dukungan terhadap kebutuhan dan tujuan individu. Peran konselor dalam konseling adalah untuk membantu individu memahami kebutuhan mereka dan memberikan bimbingan untuk mencapai  tujuan mereka secara lebih efektif.

Manfaat Konseling bagi karyawan adalah  kegiatan  tatap muka atau online antara konselor dan konselor. Disini konselor  membantu konselor mengatasi masalah yang dialaminya di tempat kerja.

Peran konseling online

Di era pandemi seperti sekarang ini, banyak perusahaan yang  kesulitan  memantau kinerja karyawan sejak diberlakukannya peraturan telecommuting (WFH). Karyawan yang tidak terbiasa bekerja dari rumah menghadapi masalah produktivitas dan kesejahteraan.

Kabarnya, di era pandemi seperti sekarang ini, tingkat stres karyawan meningkat sangat pesat. Kesulitan dalam interaksi tatap muka diduga menjadi salah satu penyebab meningkatnya stres.

Konseling online menjadi pilihan yang dipertimbangkan  perusahaan untuk  menjaga kesehatan mental karyawannya. Ada banyak layanan psikologis online yang dapat dicoba oleh bisnis.

Layanan konseling online tidak hanya lebih fleksibel daripada layanan konseling tradisional, tetapi juga lebih murah. Di tengah krisis pandemi yang melanda Indonesia, kita tidak boleh hanya fokus pada kesehatan fisik. Kesehatan mental juga sangat penting dalam menjaga karyawan tetap produktif. Itulah artikel mengenai Pentingnya Konseling Bagi Karyawan semoga bisa bermanfaat.