5 Langkah Mengelola WFH Agar Karyawan Tetap Produktif
23 May 2020
5 Langkah Mudah Lulus Tes Masuk Kuliah
25 May 2020

Untuk HRD, Ini Fungsi Assessment Karyawan Yang Harus Anda Ketahui

Setiap perusahaan tentu ingin memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) terbaik. SDM atau karyawan profesional bertugas untuk menjalankan segala fungsi perusahaan sesuai dengan bidangnya masing-masing. Namun, seiring pekerjaan yang telah berjalan, ada saja karyawan yang tidak sesuai dengan kriteria yang diberikan perusahaan. Maka dari itu, tak jarang pihak Human Resource (HR) melakukan assessment karyawan.

Assessment atau asesmen karyawan dilakukan untuk mengetahui kompetensi yang dimiliki oleh setiap orang yang bekerja di perusahaan. Untuk melakukan proses ini, pihak HR biasanya menggandeng biro psikologi demi mendapatkan hasil yang terbaik. Tak sekadar mencari tahu kemampuan karyawan, biro psikologi terbaik yang diajak kerjasama akan menilai keterampilan dan kecocokan karyawan terhadap bidang kerja yang diberikan perusahaan.

Seiring perkembangannya, asesmen tidak lagi dilakukan di sebuah kantor atau ruangan khusus yang mengintimidasi. Ada pula perusahaan yang menggunakan jasa psikologi online untuk mendapatkan hasil terbaik dari proses asesmen karyawan tersebut.

Manfaat Assessment Karyawan

Terlepas dari metode yang digunakan, assessment karyawan sudah menjadi suatau keharusan yang dilakukan secara berkala. Berikut merupakan manfaat tes assessment karyawan:

Menentukan Loyalitas Karyawan

Sebuah perusahaan yang baik menganggap karyawan sebagai aset yang berharga. Tak hanya pintar dan ahli, karyawan juga harus memiliki loyalitas tinggi terhadap perusahaan tempatnya bekerja. Namun, saat ini menemukan karyawan yang loyal seakan jauh lebih sulit.

Maka dari itu, HRD akan melakukan tes assessment karyawan secara bertahap. Umumnya, tes ini akan dilakukan setiap tiga bulan sekali. Terutama kepada karyawan baru yang sudah lulus masa probation tiga bulan.

Menentukan Jenjang Karir

Asesmen menjadi cara yang efektif untuk menentukan jenjang karir seorang karyawan. Hasil dari tes ini bisa dijadikan tolok ukur ketika ingin memberikan promosi jabatan kepada karyawan yang berprestasi. Saat ini, promosi jabata dilakukan atas prestasi atau keberhasilan karyawan dalam melampaui target perusahaan.

Dahulu, promosi jabatan identik dengan masa kerja karyawan. Jadi, semakin lama karyawan tersebut bekerja di sebuah perusahaan, maka semakin mudah pula dia mendapatkan kenaikan jabatan. Cara ini sudah tidak relevan untuk digunakan saat ini. Hanya mereka yang layak dan dinyatakan lulus performance-based evaluation lah yang bisa mendapatkan promosi jabatan.

Mengukur Kelayakan Karyawan

Setiap karyawan mungkin memiliki keahlian yang berbeda. Walaupun memiliki jabatan yang sama, tidak semua karyawan memiliki kemampuan yang sama pula. Atas dasar ini lah HRD perlu untuk mengukur kelayakan karyawan. Tujuannya yaitu untuk memilih karyawan terbaik yang bisa menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan perusahaan secara sempurna.

Menganalisa Perkembangan Karyawan

Kemajuan karyawan menjadi faktor penting yang menunjang kemajuan perusahaan. Hasil tes ini bisa digunakan untuk mendapatkan gambaran tentang level kinerja yang dimiliki oleh para karyawan di sebuah perusahaan. Dari hasil analisa ini pula perusahaan bisa menerapkan feedback yang sesuai atas hasil kerja karyawan. Misalnya dalam pemberian bonus, tunjangan prestasi dan semacamnya.

Merancang Pelatihan Kompetensi Karyawan

Perusahaan yang ingin maju tentu ingin memiliki karyawan yang mumpuni. Hasil tes assessment karyawan ini bisa digunakan sebagai gambaran umum yang menunjukkan performa karyawan. Data yang dihasilkan bisa diterapkan untuk merancang pelatihan yang meningkatkan kemampuan karyawan. Dari hasil tes ini, HRD bisa menganalisa pelatihan apa yang dibutuhkan oleh karyawan, kenapa mereka butuh pelatihan tersebut dan apa untungnya pelatihan tersebut untuk perusahaan.

Biro Psikologi Talenta Indonesia

Agar proses assessment karyawan berlangsung lancar dan tepat sasaran, ada baiknya Anda mempercayakannya kepada biro psikologi profesional. Salah satu biro psikologi terbaik di Jakarta adalah Talenta Indonesia.

Biro psikologi ini memiliki kredibilitas di bidang layanan konsultan psikologi dan manajemen. Didukung oleh praktisi profesional, Talenta Indonesia memiliki pengalaman yang mumpuni di bidang human resources. Tak hanya untuk perusahaan, Talenta Indonesia juga melayani jasa konsultasi psikologis untuk individu dan siswa sekolah mulai dari jenjang TK hingga perguruan tinggi.