Talenta Indonesia, Biro Psikologi Jakarta untuk Manajemen Terbaik
Talenta Indonesia, Biro Psikologi Jakarta untuk Manajemen Terbaik
7 Januari 2023
Pentingnya Psikotes Minat Bakat Jurusan Kuliah
Pentingnya Psikotes Minat Bakat Jurusan Kuliah
9 Januari 2023

Tes Minat Bakat untuk Persiapan Pendidikan yang Efektif

Tes Minat Bakat untuk Persiapan Pendidikan yang Efektif

Tes Minat Bakat untuk Persiapan Pendidikan yang Efektif

Sesuai dengan namanya, tes minat bakat adalah serangkaian metode analisis untuk mengetahui kecenderungan minat dan bakat seseorang. Jika kita kaitkan ke dalam bidang pendidikan, maka tes ini akan sangat penting ketika memilih jurusan sekolah atau kuliah. Dengan memahami minat dan bakat, sadar maupun tidak sadar, maka akan tercipta sebuah pendidikan yang efektif.

Di zaman sekarang, peserta dalam mengikuti tes minat dan bakat online melalui beberapa platform. Pasalnya, antara minat dan bakat memiliki gap yang cukup lebar. Anda yang punya kecenderungan terhadap sesuatu dan amat menginginkannya, ini merupakan minat. Contohnya minat untuk menjadi penulis buku.

Minat bisa berupa suatu bidang tertentu atau aktivitas produktif dalam kehidupan sehari-hari. Namun dalam perjalanan mewujudkan minat tersebut, belum tentu seseorang memiliki potensi yang memang dibutuhkan. Nah, potensi bawaan sejak lahir inilah yang kita namakan sebagai bakat.

Seringkali bakat itu tidak kita sadari, oleh karenanya penting mengikuti tes minat bakat untuk menyelaraskan antara minat dengan bakat. Contohnya, Anda memiliki minat sangat besar menjadi voice over terkenal, dan nyatanya Anda juga punya bakat luar biasa dalam olah vokal serta suara. Keselarasan ini yang akan menunjukkan pendidikan efektif dan tepat untuk Anda.

Persiapan Tes Minat Bakat dalam Psikologi

Tes Minat Bakat untuk Persiapan Pendidikan yang Efektif

Dalam dunia pendidikan, tes ini sangat penting untuk penerapan yang paling spesifik sekali pun. Misalnya untuk menentukan jurusan kuliah yang paling relevan berdasarkan minat dan bakat seseorang.

Sebenarnya sah-sah saja Anda langsung memilih jurusan kuliah sesuka hati (berdasarkan minat dan keinginan) tanpa mengikuti tes minat bakat psikologi. Tetapi bagaimana jika bakat Anda tidak di jurusan tersebut? Anda kemudian akan merasakan gejolak psikis yang luar biasa, merasa bimbang, dan menyesal karena telah menyia-nyiakan waktu berharga untuk masuk jurusan kuliah yang salah.

Guna mengantisipasi salah ambil jurusan, sebagaimana yang sebagian besar mahasiswa anyar lakukan, maka kita perlu mengikuti tes minat bakat (aptitude test). Lantas dalam mengikuti aptitude test, hal apa saja yang mesti kita siapkan?

1. Peserta Tes Minat Bakat Harus Jujur

Hal pertama adalah persiapan dari dalam diri Anda sendiri. Cobalah untuk bersikap jujur terhadap tes agar komponen hasilnya real dan menunjukkan yang sebenarnya. Seseorang tentu memiliki gambaran paling ideal menurut versinya masing-masing. Hilangkan gambaran itu terlebih dulu dan bersikaplah jujur terhadap kehidupan Anda.

Aptitude test yang Anda lakukan bertujuan untuk menilai minat, bakat, serta komponen hasil yang lain dari Anda sendiri. Jangan sampai menyampaikan jawaban tes yang menunjukkan imajinasi atau gambaran ideal yang terlepas dari kenyataan.

2. Santai dan Meminimalisir Gangguan

Tes ini berkaitan langsung dengan kepribadian dan sisi psikis seseorang. Maka sebelum melakukan tes, minimalisir gangguan atau distraksi yang mungkin saja mengganggu pikiran maupun perasaan. Dengan kata lain, Anda mesti fokus pada tes yang ada di depan Anda. Tidak perlu memikirkan suasana ricuh di luar, kurangi keinginan melihat HP, tetap fokus dan santai.

3. Memilih Lembaga Pelaksana Tes Minat dan Bakat Terpercaya

Di zaman modern seperti saat ini, banyak bermunculan jasa tes untuk mengetahui minat dan bakat seseorang. Talenta Indonesia merupakan lembaga yang sudah berpengalaman dalam bidang ini bertahun-tahun. Anda dapat memperoleh komponen hasil yang lengkap dengan biaya terjangkau.

Beberapa komponen hasil yang akan Anda peroleh secara umum antara lain sebagai berikut:

  1. Aspek Inteligensi/ Potensi Kecerdasan
  2. Aspek Sikap Kerja
  3. Aspek Kepribadian
  4. Aspek Minat
  5. Aspek Gaya Belajar yang sesuai

Komponen hasil di atas bisa saja berbeda berdasarkan kebutuhan individu yang mengikuti tes. Dengan melihat hasil tersebut, maka Anda lebih mudah mengembangkan potensi sampai expert. Untuk melihat informasi lengkap dan konsultasi lebih dulu dengan Talenta Indonesia, Anda dapat mengakses via website di https://talentaindonesia.id/.

Manfaat Ikut Tes Minat Bakat

Dalam mengikuti tes ini, pastikan keadaan fisik dan batin optimal. Tujuannya adalah agar hasil tes akurat serta mampu menggambarkan Anda yang sesungguhnya. Secara lebih rinci, beberapa manfaat yang akan Anda peroleh jika mengikuti tes ini antara lain:

  1. Mengetahui kemampuan Anda secara ilmiah dengan dasar ilmu psikologi;
  2. Mengenal diri Anda lebih dalam (understanding self);
  3. Memberi kesadaran terhadap bakat dan peluang besar mengembangkannya;
  4. Sebagai acuan pengambilan keputusan, misalnya memilih jurusan kuliah yang paling tepat, metode belajar paling efektif, atau memilih pekerjaan yang sesuai;
  5. Tes ini sebagai motivasi untuk produktif, apalagi kalau antara minat dan bakat selaras/sesuai;

Tentunya manfaat lain juga akan Anda peroleh berdasarkan kesadaran akan minat dan bakat selama ini. Itulah serba serbi tes minat bakat yang sangat penting untuk meningkatkan kualitas hidup serta mempersiapkan masa depan lebih cerah.