Pentingnya Psikotes Minat Bakat Jurusan Kuliah
Pentingnya Psikotes Minat Bakat Jurusan Kuliah
9 Januari 2023
Psikotes Pelajar untuk Ujian Masuk SMA SMK
Psikotes Pelajar untuk Ujian Masuk SMA/SMK
11 Januari 2023

Tips Psikotes Penjurusan Kuliah agar Tidak Salah Jurusan

Tips Psikotes Penjurusan Kuliah agar Tidak Salah Jurusan

Tips Psikotes Penjurusan Kuliah agar Tidak Salah Jurusan

Psikotes penjurusan kuliah sangat penting agar calon mahasiswa tidak merasa salah jurusan. Tes ini mempunyai fungsi utama sebagai rekomendasi paling kuat hendak masuk jurusan kuliah apa. Tanpa adanya tes, pertimbangan calon mahasiswa hanya di permukaan saja. Pertimbangan yang tanpa landasan bisa mengakibatkan kesalahan pengambilan keputusan.

Apalagi kalau Anda menentukan jurusan kuliah hanya bersumber dari keinginan semata. Contohnya, Anda masuk Jurusan Teknik hanya karena kelihatan keren saja. Ternyata seiring berjalannya waktu, menyadari kalau Jurusan Teknik bukan passion Anda.

Peran psikotes penjurusan kuliah dalam hal tersebut. Untuk mengantisipasi kejadian salah masuk jurusan dengan dasar dan landasan yang kuat. Oleh sebab itulah, psikotes ini dilakukan melalui beberapa metode tes secara ilmiah.

Tips Psikotes Penjurusan Kuliah Supaya Tidak Menyesal

Lantas, untuk mengikuti psikotes sebelum memilih jurusan kuliah, apa saja yang perlu Anda siapkan? Beberapa persiapan dan tips berikut ini akan sangat membantu!

Tips Psikotes Penjurusan Kuliah agar Tidak Salah Jurusan

1. Mengikuti Tes Bakat Minat untuk Menentukan Ketertarikan dan Kelebihan

Hal pertama adalah mengikuti tes bakat minat, yang bertujuan untuk menentukan ketertarikan dan kelebihan Anda di bidang apa. Jika antara bakat dan minat selaras, itu merupakan kabar baik. Masalahnya, ada saja yang kurang sesuai, suka di minat bidang tertentu, namun bakatnya di bidang lainnya.

Minat sifatnya tidak permanen, bisa jadi ini hanyalah keinginan sesaat. Contohnya, Anda sangat berminat di bidang fashion. Ternyata bakat Anda di bidang pertanian. Tes bakat minat akan menjadi jalan tengah pertemuan antara ketertarikan dan kelebihan Anda.

2. Mempelajari Model Soal Psikotes Penjurusan Kuliah

Selanjutnya adalah memahami model soal dari psikotes. Soal psikotes umumnya mengacu pada penggunaan logika, penyelesaian masalah, kemampuan verbal, kemampuan numerik, dan tes kepribadian. Soal spesifik tentang psikotes penjurusan tidak perlu Anda cari sampai pusing, sebab psikotes berguna untuk menilai diri Anda sendiri.

Pertanyaan paling umum tentang psikotes sebelum masuk kuliah adalah, apakah tes jurusan kuliah gratis? Apakah tes jurusan kuliah akurat? Kedua pertanyaan tersebut mempunyai jawaban fleksibel tergantung dari banyak faktor.

3. Latihan Mengerjakan Soal Dengan Cepat

Anda tidak perlu khawatir terhadap soal psikotes penjurusan kuliah. Akan tetapi, Anda bisa berlatih mengerjakan soal dengan cepat sehingga mengasah kemampuan berpikir dengan cepat dan tepat.

4. Membiasakan Diri Membaca untuk Menambah Wawasan

Membaca, merupakan sesuatu yang tampaknya belum menjadi kebiasaan umum masyarakat Indonesia. Hal ini terbukti dari sebuah riset yang Central Connecticut State University lakukan pada 2016. Sebuah riset bertajuk World’s Most Literate Nations Ranked, yang mana menunjukkan hasil mengejutkan. Bahwa Indonesia, menempati peringkat 60 dari 61 negara untuk minat baca.

Setiap hal yang Anda baca, entah itu buku sastra, buku ilmiah, jurnal, artikel, atau membaca keadaan sekalipun akan memberikan tambahan wawasan yang berguna untuk kehidupan. Oleh sebab itulah, mulai dari sekarang hingga seterusnya, budayakan membaca setiap ada waktu.

5. Latihan Menyelesaikan Masalah dengan Logika

Mungkin tes kepribadian dan psikis bukan menjadi masalah. Namun bagaimana untuk tes yang berkaitan dengan pencarian jalan keluar? Tes logika tidak hanya untuk penjurusan kuliah, tetapi juga akan Anda temui saat melamar pekerjaan.

Biasanya, Anda akan dihadapkan dengan sebuah masalah. Kemudian Anda harus mencari jalan keluar paling rasional dan masuk akal. Dengan mulai latihan menyelesaikan masalah menggunakan logika, Anda akan lebih mudah mengikuti tes psikologi. Serta juga memberi manfaat untuk menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari.

6. Menyiapkan Fisik dan Psikis Optimal

Psikotes penjurusan kuliah maupun psikotes lainnya, membutuhkan keadaan fisik dan psikis yang optimal. Jauhkan berbagai macam gangguan, baik gangguan suara atau lainnya ketika mau mengikuti tes. Anda sebaiknya fokus pada tes tersebut dengan persiapan yang matang.

Tidur cukup, makan makanan sehat, dan tidak terlalu ambil pusing terhadap masalah kecil. Anda sudah berkali-kali menghadapi tes dan ujian dalam hidup, hingga Anda sampai pada titik sekarang. Itu menjadi bukti bahwa Anda juga akan berhasil mengikuti tes psikotes penjurusan.

7. Jangan Stress atau Overthinking

Tips berikutnya adalah tidak overthinking, tes ini bukanlah sesuatu yang harus Anda hadapi dengan rasa takut. Tenang, rileks, dan biarkan semuanya berjalan sesuai dengan alurnya masing-masing. Percayalah pada kemampuan Anda sendiri, hal ini justru akan membantu dalam mengerjakan setiap soal dalam tes psikotes.

Itulah beberapa tips sebelum Anda mengikuti tes psikotes penjurusan kuliah. Dengan mengikuti tes ini, Anda akan mendapat gambaran dan rekomendasi kuat pada jurusan kuliah yang mana paling cocok. Ini menjadi batu pijakan pertama untuk menyusun masa depan lebih cerah!