Bagaimana cara merekrut karyawan yang baik
Bagaimana cara merekrut karyawan yang baik sehingga efektif dan efisien
9 Juni 2022
Lembaga tes IQ di Jakarta
Rekomendasi Lembaga Tes IQ di Jakarta 2022
21 Juni 2022

Cara Mengatasi Konflik Antar Karyawan

Cara Mengatasi Konflik Antar Karyawan

Menjadi atasan di sebuah perusahaan tidaklah mudah. Terkadang harus mengahadapi banyak pekerjaan dan kadang ditambah dengan permasalahan yang terjadi antar karyawan, datang tanpa melihat waktu bisa datang kapan saja. Sebagai atasan anda diharuskan untuk menyelesaikan permasalahan antar karyawan ini, bisa mencoba cara mengatasi konflik antar karyawan.

Berbicara tentang konflik anta karywan, konflik memang hal yang tidak dapat dihindari. Baik itu dalam keluarga, pertemanan, maupun dalam sebuah perusahaan. Setiap tempat pasti ada saja permasalahan yang harus dihadapi, untuk mengatasi permasalahan anda harus bisa bersikap cerdas sekaligus bijak dalam memutuskan suatu hal. Beberapa cara memecahkan masalah dalam sebuah perusahaan dan organisasi ini akan membantu anda memecahkannya.

Cara Mengatasi Konflik Dalam Perusahaan

Sebagai pemimpin sebuah perusahaan anda haruslah bijak dan adil dalam menyelesaikan masalah. 4 hal di bawah ini bisa diterapkan;

  • Jangan menyudutkan salah satu pihak
  • Sebagai pemimpin yang adil, anda harus bersikap adil tidak memandang jabatan apapun. Meskipun orang yang terlibat dalam masalah memiliki pangkat tinggi, tetap anda harus bersikap adil.
  • Jadilah Mediator Bijaksana
  • Karena Anda seorang pemimpin maka harus mendengarkan permasalahan dari dua belah pihak. Setelah itu tarik benang permasalahan dan berikan kesimpulan secara objektif atau memproses masalah berdasarkan fakta yang ada.
  • Putuskan Bersama
  • Setelah mendapat titik terang maka kumpulkan kembali orang yang terlibat dalam maslah, agar tidak terjadi miskomunikasi. Dan putuskan jalan keluar seperti apa yang tepat secara bersama-sama.
  • Evaluasi
  • Lakukan evaluasi dan buatlah rencana agar konflik tidak lagi terjadi. Dengan cara seperti ini perusahaan akan berkembang lebih baik.

Cara Menyelesaikan Masalah Antar Karyawan

Cara penyelesaian masalah antar karyawan juga sangat perlu diketahui sebagai seorang atasan, haruslah kita memiliki sikap pintar menyediakan permasalahan.

  • Hal pertama yang harus dilakukan adalah memahami masalah yang terjadi.
  • Kedua, dengarkan sudut permasalahan dari kedua belah pihak
  • Ketiga, fokuskan diri untuk mengetahui bagaimana cara penyelesaian masalahnya.
  • Keempat, anda harus bersikap netral atau tidak berat sebelah.
  • Kelima, lihat kebijakan perusahaan. Bertujuan untuk menyesuaikan penyelesaian dengan kebijakan perusahaan.
  • Keenam, berikan solusi yang tepat, jika bisa tawarkan jalan keluar seperti apa yang diinginkan

Cara Mengatasi Konflik Internal Perusahaan

Selain antar karyawan, masalah juga sering terjadi dalam internal perusahaan. Berikut cara mengatasinya;

  • Selalu jaga komunikasi, menajaga komunikasi dalam sebuah perusahaan sangatlah penting agar terjalin aktivitas perusahaan dengan baik.
  • Menerapkan keterbukaan, bagi setiap orang yang berada dalam perusahaan usahakan untuk bersikap terbuka, terutama menyangkut permasalahan perusahaan.
  • Menerapkan sikap fleksibel, proaktif dan profesional. Agar perusahan berkembang dan jauh dari konfilk maka Anda harus menerapkan sikap ini pada karywan.

Cara Mengatasi Konflik Dalam Organisasi

Tidak hanya perusahaan yang sering kali mengalami konflik, dalam sebuah organisasi pun rentan memiliki konflik. Begini cara penyelesaiannya;

  • Ketahui sumber masalah, sebelum mengatasi permasalahan ketahui terlebih dahulu apa akar dari permasalahan.
  • Jangan menyalakan siapapun, sebagai orang yang ditunjuk menyelesaikan masalah Anda harus bersikap bijaksana dan tidak menyalahkan siapapun.
  • Jaga hubungan, maksud menjaga hubungan disini adalah jaga hubungan sesama anggota organisasi tetap baik-baik saja, maka selesaikan masalah dengan bijak.

Cara Pemimpin Mengatasi Konflik dalam Organisasi

Tidak hanya pemimpin perusahaan, pemimpin organisasi pun dituntut untuk bisa menyelesaikan masalah sebaik mungkin.

  • Anda harus melakukan obrolan dengan pihak yang terlibat permasahalan.
  • Setelah mendengarkan, lihat bukti atau fakta yang sesuai dengan masalah dan tarik benang merahnya.
  • Terakhir , lakukan musyawarah untuk mendiskusikan jalan keluar seperti apa yang akan diambil.

Itulah beberapa cara mengatasi permasalahan, terutama cara mengatasi konflik antar karyawan.