Menentukan Minat dan Bakat, Ini Layanan Biro Psikologi Yang Harus Anda Ketahui
27 May 2020
Rekrutmen Kerja Lancar di Masa Pandemi, Gunakan Jasa Psikotes Online
29 May 2020

5 Keuntungan Perusahaan Bekerjasama Dengan Lembaga Pelaksana Psikotes

Proses perekrutan karyawan setiap perusahaan memiliki prosedur yang berbeda-beda. Namun demikian ada satu tahap yang tak boleh dilewatkan perusahaan, yakni tahap psikotes. Dengan psikotes, kita dapat lebih mengetahui secara mendalam cukup banyak aspek pada diri individu. Menggandeng biro psikologi yang juga sebagai lembaga pelaksana psikotes bisa jadi pilihan. Ada banyak biro psikologi dan lembaga psikotes yang bisa diajak kerjasama sebagai pihak ketiga. Salah satunya adalah Talenta Indonesia. Termasuk satu dari biro psikologi terbaik Jakarta, dan melayani di seluruh Indonesia. Talenta Indonesia bekerja secara profesional. Biro Psikologi Talenta Indonesia juga memudahkan para calon karyawan, karena adanya jasa psikotes online. Hasilnya pun cepat dan akurat.

Selain itu ada banyak keuntungan lain yang bisa didapatkan perusahaan ketika bekerjasama dengan lembaga psikotes. Seperti pembahasan berikut ini.

  1. Lebih Praktis dan Hemat Biaya

Ada banyak cara dalam mendapatkan karyawan baru. Wawancara hanya salah satu rangkaian dari proses perusahaan dalam mencari orang yang tepat untuk dijadikan karyawan. Sebelum melalui proses wawancara tentu ada pemilahan daftar riwayat hidup dan yang tak kalah penting adalah psikotes. Perusahaan bisa memilih pihak ketiga dalam hal ini biro psikologi yang kredible. Agar karyawan yang berhasil terjaring memiliki karakter dan pribadi yang sesuai dengan yang kriteria yang diputuskan perusahaan. Selain hasilnya lebih terjamin langkah ini juga lebih praktis, hemat uang dan biaya.

Perusahaan yang bekerjasama sama dengan biro psikologi tinggal menyerahkan seluruh tes atas semua calon karyawan yang telah lulus melalui saringan awal. Waktu dan tempat bisa disepakati oleh perusahaan dan biro psikologi tersebut. Dengan menyerahkan pada lembaga professional kemungkinan mendapatkan karyawan yang tepat tentu sangat besar. Sehingga kecil kemungkinan Anda membayar pada orang yang kurang tepat. Oleh karena itu perusahaan meski mengeluarkan biaya untuk jasa penyedia psikotes, sebagai gantinya mendapatkan karyawan terbaik yang bisa menjadi aset perusahaan.

  1. Proses Pencarian Karyawan Tepat Sasaran

Karyawan merupakan aset bagi perusahaan. Untuk itu tak bisa sembarangan dalam merektrutnya. Selain latar belakang yang tertulis di daftar riwayat hidup pencari kerja, dibutuhkan pula tahap psikotes. Pada tahap ini dibutuhkan soal dan penguji profesional. Agara proses pencarian karyawan bisa berakhir mendapatkan orang yang tepat. Seperti diketahui pribadi seseorang yang menentukan bagaimana mereka bekerjasama, belajar dan mencari solusi. Dimana ketiga hal tersebut cukup penting dimiliki karyawan di bidang apapun itu.

  1. Mendapatkan Karyawan Dengan Pribadi Yang Diharapkan

Para psikolog tak sembarangan dalam membuat soal untuk ujian psikotes. Dalam setiap pertanyaan memiliki makna. Hasil dari psikotes pun bisa mewakili pribadi yang dimiliki setiap karyawan yang mengisinya. Melalui coretan gambar dan jawaban pertanyaan menggambarkan pribadi calon karyawan Anda. Hal ini akan akurat hasilnya jika dikerjakan biro jasa psikotes terbaik, Talenta Indonesia. Memiliki petugas psikolog yang berpengalaman bertahun-tahun dalam pembangunan sumber daya manusia, semua soal pada tahap psikotes sudah sesuai dengan standar Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI).

  1. Mengetahui Kemampuan Khusus Calon Karyawan

Melalui Daftar Riwayat Hidup atau CV karyawan, perusahaan hanya dapat mengetahui data diri dan latar belakang pendidikan. Sekilas dari data memang bisa ditebak potensi mereka. Akan tetapi tulisan biasanya tak selalu menjamin kemampuan. Terlebih lagi jika perusahaan Anda mencari karyawan yang tak hanya memiliki potensi besar melainkan kemampuan khusus. Untuk mengetahui sebelum memperkerjakannya yakni dengan cara meminta karyawan melakukan psikotes online ataupun offline.

  1. Dapat Melakukan Prediksi Performa Calon Karyawan

Melalui psikotes, perusahaan dapat memprediksi performa pekerjaan calon karyawannya. Melalui psikotes sesorang bisa dilihat mampu bekerja dalam tim atau sebaliknya. Aspek ini terlihat dari pribadi yang bisa bekerjasama atau individualis. Perusahaan yang mengutamakan kekompakan tim dalam bekerja tentu akan sangat cocok menerima karyawan yang mudah bekerjasama dibanding mereka yang individualis. Sementara itu suasana kerja yang memiliki kedisiplinan tinggi juga dibutuhkan karyawan yang memang biasa hidup secara disiplin dalam kehidupan sehari-hari. Nah keduanya bisa dilihat dari hasil psikotes. Sepenting itu lho,psikotes. Jadi memilih lembaga psikotes terbaik bukan hanya mendapatkan karyawan terbaik, tapi juga membuka peluang perusahaan akan jauh lebih maju, karena sumber daya manusianya memiliki kualitas terbaik pula.