Penyebab Stres di Kantor – Stres pada dasarnya bisa dialami oleh siapapun. Bukan cuma di rasakan oleh mereka yang kesulitan mendapat pekerjaan. Para karyawan yang terlihat nyaman bekerja dengan gaji besar di perusahaan yang bonafid juga bisa stres.
Banyak faktor yang membuat stres di tempat kerja. Diantaranya adalah bermasalah dengan rekan kerja. Ketidakcocokan dengan cara kerja, bertingkah laku, bertutur kata, menjadi faktor penting penyebab stres di tempat kerja, point ketidak cocokan dengan rekan kerja ini lumrah terjadi dimanapun, walaupun dengan jumlah karyawan yang sedikit sekalipun.
Faktor berikutnya yang bisa menyebabkan stres di tempat kerja adalah faktor emosi. Jenis Pekerjaan yang memerlukan ketelitian yang tinggi dan juga deadline yang terus mendekat, hal tersebut bisa membuat tak nyaman dengan kondisi pekerjaan.
Pekerjaan tambahan juga bisa menjadi Penyebab Stres Kerja. Perintah bos untuk mengerjakan sesuatu yang tidak sesuai dengan jobdesk menjadikan ketidaknyamanan dan timbul perasaan cuma menjadi pesuruh atasan, walaupun kejadian ini lumrah dan terus ada dimanapun tempat kerja, namun bagi mereka yang memiliki sifat mudah baper bisa saja menjadi penyebab stres di tempat kerja.
Dampak psikologis akibat stres di tempat kerja akan berdampak pada hilangnya konsentrasi, hal tersebut mengakibatkan berkurangnya produktifitas dan tidak lagi fokus dengan apa yang telah menjadi tugas utama. Bukan Cuma menyangkut pekerjaan, hubungan dengan rekan juga akan timbul masalah, sesuatu yang biasanya dianggap candaan bisa menjadi serius sehingga menimbulkan dampak yang berbahaya.
Stres di tempat kerja juga akan terdampak ke dalam keluarga. Keharmonisan dengan pasangan dan hubungan dengan anak juga bisa bermasalah, hal tersebut bisa berakibat fatal bila tidak mampu menyelesaikan masalah yang ada di tempat kerja, sehingga perasaan tidak nyaman akan terus terbawa sampai kemanapun.
Bermasalah dengan rekan kerja bukanlah sesuatu yang baru. Kejadian ini pasti ditemukan dimanapun. Walaupun karyawan cuma kita saja di tempat tersebut. Ya, walaupun ditempat kerja itu cuma kita sebagai karyawan dan bos yang telah merekrut. Akan ada masanya datang ketidaknyamanan dengan atasan.
Kondisi suka dan tidak suka adalah sesuatu yang pasti terjadi oleh kita yang hidup secara sosial. Ada baiknya kita belajar untuk mampu mengendalikan emosi dan nggak gampang baper. Mulailah untuk menjadi pribadi yang menyenangkan dan tidak gampang marah. Ada anekdot yang bilang, alam itu tergantung kita, perbanyaklah tersenyum dan bahagia, maka alam akan membuatmu tersenyum dan bahagia.
Stress karena pekerjaan yang menumpuk tentu ada faktor penyebabnya, hal tersebut tentu bisa diatasi dengan fokus dan segera diselesaikan. Perasaan stres karena pekerjaan yang terus berdatangan dan seperti tidak pernah selesai bisa jadi karena memang tidak menyukai pekerjaan tersebut sehingga timbul perasaan terbebani.
Mulailah untuk menyukai pekerjaan. Karena apapun yang dikerjakan selama dinikmati, maka berapapun banyaknya dan selama apapun waktunya tidak akan ada istilah stres karena pekerjaan.
Sejatinya, Jobdesk yang dikerjakan saat ini adalah sesuatu yang awalnya diharapkan dan sempat di impikan. Bagaimana tidak, pekerjaan saat ini bermula dari sebuah surat lamaran yang kita buat dengan penuh harap dan doa agar diterima, pastinya.
Selama masih menerima hasil dari apa yang dikerjakan, bersyukurlah. Tapi bila memang sudah tidak ada lagi kenyamanan dan semakin berat dengan apa yang dikerjakan, maka mundurlah baik baik, akhiri dengan cara yang elegan dan bermartabat.
Jawaban sederhana agar terhindar dari stres sebetulnya simpel, bersyukur. Berapapun hasil yang diterima, dan apapun pekerjaan halal yang kita lakukan, maka bersyukurlah.